Kata Papua

Menteri Bahlil Soal Smelter Freeport Papua: Cita-Cita Saya sejak SMP - Kata Papua

Menteri Bahlil Soal Smelter Freeport Papua: Cita-Cita Saya sejak SMP

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengaku senang dengan rencana PT Freeport Indonesia membangun pabrik pemurnian atau smelter tembaga baru di Papua.

Sebagai orang yang bertumbuh besar di Papua, Bahlil mengatakan, pembangunan smelter tersebut sudah jadi cita-citanya sejak menduduki bangku sekolah menengah pertama (SMP).

“Pertanyaan itu sekaligus menjadi jawaban dari pergumulan panjang orang Papua dalam membangun smelter. Bayangkan, sejak saya masih SMP, orang Papua waktu itu masih Provinsi Irian Jaya sudah memimpikan adanya smelter tembaga Freeport di Papua, Irian Jaya waktu itu,” ungkapnya dalam sesi teleconference, Jumat (28/5/2021).

Asa pembangunan smelter Papua tersebut terus ia simpan hingga masuk ke bangku kuliah. Ketika Irian Jaya berganti nama menjadi Papua pada 2001, Bahlil menyebutkan, mimpi itu terus dikumandangkan oleh banyak masyarakat Papua.

“Jadi bayangkan, dari saya SMP sampai jadi Kepala BKPM, mimpi orang Papua masih sama, ada smelter di Papua,” ujar Bahlil.

Bahlil mengatakan, sebagai seorang anak yang banyak berproses di Papua, dirinya punya beban moral agar pemerataan pembangunan bisa terjadi hingga ujung Indonesia.

“Jadi kita pingin industri menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Kita pingin Papua juga menjadi bagian integral daripada negara Indonesia yang bisa menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru,” tuturnya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /home/u7685445/public_html/katapapua.com/wp-includes/functions.php on line 6085

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts