Kata Papua

Papua Barat Tak Cuma Raja Ampat, 3 Daerah Ini akan Jadi Kawasan Strategis Wisata - Kata Papua

Papua Barat Tak Cuma Raja Ampat, 3 Daerah Ini akan Jadi Kawasan Strategis Wisata

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Selama ini, Papua Barat tersohor dengan salah satu destinasi wisata favoritnya, yaitu Raja Ampat. Melalui program simpul Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pemerintah setempat akan mengembangkan simpul potensi wisata lain.

Simpul yang dimaksud adalah Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. “Dengan adanya Inpres Nomor 9 Tahun 2020, maka daerah harus punya terobosan dengan inisiatif, salah satunya potensi pariwisata Papua Barat yang menjanjikan ini perlu didorong sebagai KSPN khususnya simpul Manokwari-Mansel-Pegaf,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Papua Barat Charlie Heatubun, Kamis, 3 Juni 2021.

Menurut Charlie, melalui kerjasama dengan mitra pembangunan, Papua Barat sudah punya konsep pengembangan KSPN Simpul Manokwari-Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. Rencanan itu pun sudah pernah diusulkan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Bappenas.

“Usulan KSPN Simpul Manokwari, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak sudah mendapat respon dari Wapres Ma’ruf Amin sebagai Ketua Tim Percepatan pembangunan Papua-Papua Barat. Oleh karenanya sedang menyiapkan dokumen perencanaan dalam pengembangan Simpul ini,” kata Charlie.

Sementara itu, Asisten III Bidang Admistrasi Umum Sekretariat Daerah Papua Barat Raymond R.H Yap mengatakan Gubernur Papua Barat menginginkan sektor pariwisata menjadi leading sector di provinsi itu, baik pariwisata bahari, alam, sejarah dan wisata budaya. Karena itu, setelah ada simpul Sorong-Raja Ampat, pihaknya ingin mengembangkan simpul baru, yaitu Manokwari, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak.

Tiga daerah yang disiapkan sebagai KSPN ini memiliki potensial pariwisata yang unik dan menjanjikan dari sisi ekologi, budaya dan ekonomi.

Kabupaten Manokwari Papua Barat disiapkan sebagai museum keanekaragaman hayati dengan pengembangan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja. Sedangkan Kabupaten Manokwari Selatan dengan melakukan revitalisasi pabrik cokelat Ransiki serta Kabupaten Pegunungan Arfak dengan pengembangan potensi wisata danau Anggi.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /home/u7685445/public_html/katapapua.com/wp-includes/functions.php on line 6085

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts