Kata Papua

Masyarakat Adat Papua Dukung Otsus Jilid 2 - Kata Papua

Masyarakat Adat Papua Dukung Otsus Jilid 2

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Oleh : Sabby Kosaay

Perpanjangan otonomi khusus di Papua sangat didukung oleh masayrakat adat di Bumi Cendrawasih. Sebagai warga asli, mereka sudah merasakan keuntungan dari otsus jilid 1 dan Papua jadi semakin maju. Tak heran kini mereka mendukung perpanjangan otonomi khusus.

Otonomi khusus di Papua yang akan diperpanjang tahun 2021 mendatang, mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat adat Papua. Beberapa tokoh masyarakat yang mewakili warga asli Bumi Cendrawasih, menyatakan dukungannya jika program ini ada kelanjutannya, selama 20 tahun ke depan. Karena sudah terlihat kemajuan Papua yang infrastrukturnya lengkap.

Lembaga Masyarakat Adat Jayawijaya menyatakan bahwa mereka sangat pro jika otonomi khusus diperpanjang. Hal ini dilontarkan setelah ada pertemuan dengan para tokoh masyarakat adat di Kabupaten Jayawijaya. Mereka berasal dari 40 distrik di sana. Jadi sudah jelas tidak ada penolakan terhadap perpanjangan otsus.

Menurut Karlos Huby, Ketua Masyarakat Adat Papua, mereka kompak mendukung adanya otonomi khusus di Papua. Namun dengan beberapa persyaratan. Pertama, pemerintah pusat harus melakukan pengawasan ketat agar tidak ada penyelewengan dana. Sedangkan yang kedua, dana otsus harus tepat sasaran dan diberikan kepada masyarakat kelas bawah.

Lanjut Huby, pemerintah pusat juga wajib mengadakan evaluasi pada otonomi khusus jilid 1. Apa saja yang terjadi di Papua selama 20 tahun? Apakah selama ini anggaran yang diberikan sudah benar-benar mengentaskan kemiskinan? Dalam artian, jangan sampai ada infrastruktur yang nampak seperti Bandara Internasional Sentani tapi rakyatnya kurang makan.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /home/u7685445/public_html/katapapua.com/wp-includes/functions.php on line 6085

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts