Kata Papua

Masyarakat Kota Jayapura Antusias Ikuti Shalat Tarawih - Kata Papua

Masyarakat Kota Jayapura Antusias Ikuti Shalat Tarawih

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Pelaksanaan shalat Tarawih dilakukan menyusul telah ditetapkannya 1 Ramadhan 1442 H yang jatuh pada 13 April 2021 besok.

Pelaksanaan shalat tarawih di Kota Jayapura juga dilakukan mengingat Pemerintah Kota Jayapura telah memberikan izin untuk melaksanakan shalat, dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Di Masjid Al Fatah Abepantai, masyarakat cukup antusias mengikuti ibadah shalat tarawih.

Sekretaris Panitia Amal Ramadhan Masjid Al Fatah Abepantai Nugroho Panca Nur Irianto menilai, antusias warga sangat wajar, karena Bulan Ramadhan sebelumnya tak bisa melaksanakan ibadah tersebut.

Ia mengatakan, sebenarnya warga muslim di Abepantai di malam pertama  ini tak terlalu banyak. Hal itu dikarenakan pelaksanaan shalat tarawih dilakukan walaupun keputusan 1 ramadhan belum final. Warga masih ada yang menunggu keputusan pemerintah.

“Besok pasti lebih banyak dari malam ini, tetapi kami sudah sampaikan sejumlah protokol kesehatan yang diberikan Kemenag. Kami sampaikan kepada jamaah sebelum pelaksanaan shalat tadi,” ungkap Nugroho usai melaksanakan ibadah shalat tarawih,  Senin (12/4).

Untuk mengantisipasi membludaknya warga, disampaikannya panitia menyambung shaf sholat hingga ke teras masjid.

“Ya, supaya tidak berkerumun di dalam masjid, walau begitu kami taati keputusan pemerintah untuk membatasi jumlah warga dari kapasitas masjid,” ungkapnya lagi.

Antusias warga mengikuti ibadah shalat tarawih juga terlihat di Masjid Al Hikmah Tanah Hitam.

Pantauan Papuainside.com, shalat dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Baik shaf shalat yang berjarak, jamaah diwajibkan menggunakan masker dan juga akses masuk ke masjid melalui beberapa jalur berbeda.

Hal yang sama diberlakukan Majid Agung Asholihin Abepura. Di sini, umat muslim yang shalat pada shaf pria nampak dibatasi. Masih terdapat beberapa shaf kosong di belakang shaf paling akhir dari jamaah.

Sejumlah protokol kesehatan seperti memberikan dan atau mengatur jarak shaf antara satu dengan yang lain juga diberlakukan di sini.

Desar Maulana salah satu jaamaah shalat tarawih mengatakan, dirinya berharap tak ada kluster baru dari pelaksanaan sholat tarawih di Kota Jayapura.

“Sebenarnya warga senang bisa tarawih lagi, tetapi ada yang khawatir dengan masih adanya covid di kota ini,” ujarnya.

Pelaksanaan ibadah puasa sendiri akan dilakukan pada Selasa 13 April 2021.Hal ini menyusul penetapan hasil sidang isbat oleh pemerintah.

Warga Indonesia pun diminta mengikuti protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /home/u7685445/public_html/katapapua.com/wp-includes/functions.php on line 6085

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts