Kata Papua

Langkah Pemerintah Intervensi Pasar Stabilkan Harga Cabai - Kata Papua

Langkah Pemerintah Intervensi Pasar Stabilkan Harga Cabai

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

 Harga cabai rawit di Kota Jayapura berangsur-angsur turun. Saat ini harga cabai rawit mencapai Rp 120 hingga140 perkilo di pasar – pasar tradisional. Sebelumnya harga cabai sempat naik hingga Rp 250 ribu perkilo.

Menanggapi hal ini, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Jayapura telah berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Papua untuk melakukan intervensi harga cabai di pasar.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam penyampaiannnya pada acara syukuran 4 tahun kepemimpinannya mengakui mahalnya harga cabai tersebut. Ia mengatakan, pihaknya meminta pasokan cabai dari luar Papua dengan berkoordinasi dengan Bank Indonesia Perwakilan Papua.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perindagkop Kota Jayapura Robert L. N Awi.

Menurutnya, Pemkot Jayapura terus memantau harga pasar terutama cabai rawit dan memastikan kebutuhan warga kota tersedia.

“Harga cabai sempat menembus Rp 200 ribu perkilonya. Kami telah mengundang distributor kami untuk mendatangkan cabai dari luar kota sehingga perlahan-lahan harganya turun,” ungkap Kadis Perindagkop Robert Awi kepada wartawan.

Selain itu, pihaknya mengharapkan petani cabai di Arso dapat ikut berkontribusi turunnya harga cabai di pasaran dengan terus menanam cabai.

Meski begitu, ia mengakui petani cabai sempat kesulitan dengan kondisi musim di Kota Jayapura dan Keerom.

“Harga ini sangat dipengaruhi musim hujan karena kalau lama hujannnya maka kemungkinan gagal panen juga akan besar. Kita memang masih tergantung dengan cara-cara konvensional petani, untuk itu perlu ada cara yang lebih modern dalam menanam cabai,” katanya lagi.

Disebutkan, 50% stok cabai di Kota Jayapura saat ini memang didatangkan dari luar Kota Jayapura termasuk bahan pokok lainnya

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /home/u7685445/public_html/katapapua.com/wp-includes/functions.php on line 6085

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts